Dalam kesempatan ini blog ini akan membahas mengenai
strategi pembelajaran, sebelum kita mengulas kembali apa itu strategi
pembelajaran Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), strategi adalah rencana
yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Syaiful Bahri
Djamarah, mengartikan strategi adalah suatu garis-garis besar haluan untuk
bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan
Beberapa ahli pendidikan, memberikan
pengertian strategi pembelajaran dengan beragam, yaitu:
Dewi
Salma Prawiradilaga.
Strategi pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh perancang dalam
menentukan tehnik penyampaian pesan, penentuan metode, dan media, alur isi
pelajaran, serta interaksi antara pengajar dan peserta didik.
Wina Sanjaya. Strategi pembelajaran merupakan
rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan
pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan
tertentu.
Made Wena. Kata strategi berarti cara dan seni
menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran berarti
upaya membelajarkan peserta didik. Dengan demikian, strategi pembelajaran
berarti cara dan seni untuk menggunakan semua sumber belajar dalam upaya
membelajarkan peserta didik.
Mansur
Muslih. Strategi pembelajaran merupakan cara pandang dan pola pikir guru dalam
mengajar.
Dari beberapa pengertian strategi
pembelajaran, disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan pendekatan
dalam mengelola kegiatan, dengan mengintegrasikan urutan kegiatan, peralatan
dan bahan serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran, untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang telah ditentukan secara aktif dan efisien.
Klasifikasi
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran diklasifikasikan menjadi
enam, yaitu:
- Strategi pembelajaran langsung adalah Strategi pembelajaran langsung merupakan pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru. Bahan pelajaran disajikan dalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan tersebut. pembelajaran langsung biasanya bersifat deduktif.
- Strategi pembelajaran tak langsung adalah Strategi ini sering disebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan penemuan. Pembelajaran berpusat pada peserta didik, guru hanya sebagai fasilitator, dan pengelola lingkungan belajar, peserta didik diberi kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
- Strategi pembelajaran interaktif adalah Pembelajaran ini menekankan pada diskusi dan sharing diantara peserta didik. Diskusi dan sharing memberi kesempatan peserta didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan, pengetahuan guru atau teman sebaya serta untuk membangun cara berfikir dan merasakan.
- Strategi pembelajaran empiric (experiential) adalah Pembelajaran empirik berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik, dan berbasis aktivitas.
- Strategi pembelajaran mandiri adalah Strategi pembelajaran mandiri merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri.
DAFTAR PUSTAKA
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar
Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).
Syaiful Bahri Djamarah dkk, Strategi Belajar
Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
Roestiyah H.K, Strategi Belajar Mengajar,
(Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Dewi Salma Prawiradilaga, Prinsip Desain
Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007).
Wina Sanjana, Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
2007).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar